ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL SEPERTI HUJAN YANG JATUH KE BUMI KARYA BOY CANDRA

  • Wahyu Ningsih Universitas Serambi Mekkah, Banda Aceh, Indonesia
  • Dwi Kusuma Wardhani Universitas Prima Indonesia, Medan, Indonesia
  • Mia Rafika Uzma Universitas Prima Indonesia, Medan, Indonesia
  • Prasti Ayuningtiyas Universitas Prima Indonesia, Medan, Indonesia
Keywords: novel, nilai pendidikan, sosiologi Sastra

Abstract

Tujuan Penelitian ini guna melihat bagaimana nilai pendidikan dalam novel Boy Candra yang berjudul Seperti Hujan yang Jatuh ke Bumi. Karya sastra adalah karya seni yang dibuat dari pemikiran inovatif terhadap hal-hal khusus yang muncul di dunia melalui media bahasa dan sastra yang serasi. Karya sastra mengawali lahirnya banyak media. Novel Boy Candra dengan judul Seperti Hujan yang Jatuh ke Bumi merupakan salah satu karya sastra novel dengan nilai pengajaran yang tinggi, serta mengandung kesinambungan pengajaran dan nilai-nilai pendidikan. Metode sosiologi sastra dikenakan selaku pedoman dalam penelitian ini. Teknik yang dikenakan ialah deskriptif kualitatif, untuk menampilkan nilai pendidikan Data dalam bentuk kata, kalimat, wacana, dan teks, yang digunakan di penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menjelaskan nilai pendidikan yang ada di dalam novel. Langkah yang dilakukan dalam pengumpulan data, antara lain membaca novel Seperti Hujan yang Jatuh ke Bumi secara berulang-ulang, serta menandai atau mencatat kata-kata yang menyatakan nilai pendidikan, hal ini dilakukan guna mendokumentasikan hasil temuan. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi atau referensi bagi para peneliti sastra atau novelis untuk terus mempelajari wawasan terkait lainnya.

References

Bahtiar, A. & Aswinarko. (2013). Metode Penelitian Sastra. Tangerang: PT Pustaka Mandiri, Dalman, H. (2016).

Candra, Boy. (2016). Seperti Hujan yang Jatuh ke Bumi. Jakarta: Mediakita. Djahiri, Kosasih. (1999). Dasar Dan Pendidikan Nilai Moral. Jakarta: Depdikbud.

Haryadi. (1994). Sastra Melayu. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.

Humairoh. (2013). Nilai Pendidikan Keluarga Dalam Novel Rumah Seribu Malaikat Karya Yuli Badawi Dan Hermawan Aksan (Skripsi). Purwokerto: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Moelong, Lexy J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Siswanto, Wahyudi. (2013). Pengantar Teori Sastra. Malang: Aditya Media Publishing.

Tirtarahardja, Umar dan S. L. la Sulo. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Wellek, Rene dan Warren Austin. 2016. Teori Kesusastraan (terjemahan melalui Melani Budianta). Jakarta: Gramedia.

Published
2021-12-14
How to Cite
Wahyu Ningsih, Dwi Kusuma Wardhani, Mia Rafika Uzma, & Prasti Ayuningtiyas. (2021). ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL SEPERTI HUJAN YANG JATUH KE BUMI KARYA BOY CANDRA. Jurnal Sociohumaniora Kodepena (JSK) , 2(2), 238-249. https://doi.org/10.54423/jsk.v2i2.84